Wisata kuliner Jogja yang Enak, Murah, & Terkenal

Yogyakarta merupakan sebuah kota wisata yang banyak dikunjungi oleh para turis lokal maupun juga turis internasional. Selain wisata, kota yang juga kerap disebut Jogja ini, terkenal dengan budaya jawanya serta berbagai makanan khasnya yang enak. Kota yang mendapat gelar sebagai kota pelajar tersebut, juga dapat memengaruhi aneka makanan yang ada di sana.

Wisata kuliner Jogja yang Enak, Murah, & Terkenal

Berbicara tentang makanan khas Jogja, banyak sekali makanan khas Jogja yang diminati oleh para turis ataupun juga penduduk asli Jogja itu sendiri. Salah satunya yaitu angkringan, karena harganya yang juga sesuai dengan kantong para mahasiswa. Selain murah, rasanya pun sangat enak dengan suasana yang dihadirkan sangat berbeda. Membuat siapa saja yang makan angkringan di Jogja akan terasa berbeda.

Tapi bukan hanya angkringan saja yang mempunyai enak di kantong. Ternyata masih banyak kuliner Jogja yang tidak kalah enak, murah dan juga hits disana. Bagi yang sedang berlibur di Jogja maka jangan lupa untuk mencicipi aneka makanan khas Jogja yang lezat dan murah. Penasaran makanan apa saja ? Berikut ini adalah beberapa kuliner khas Jogja yang enak, murah dan terkenal.

Oseng-oseng Mercon Bu Narti

Bagi anda yang suka makanan dengan rasa yang pedas tapi nagih, maka oseng-oseng yang satu ini cocok untuk dicoba. Dilihat dari namanya saja, pastinya sudah terbanyak bagaimana rasanya. Oseng-oseng Bu Narti ini merupakan sebuah makanan yang sudah terkenal di Jogja dan sudah mempunyai banyak sekali pelanggan, karena rasanya yang sangat enak dan harganya yang juga cukup murah membuat warung Bu Narti ini menjadi selalu ramai oleh para pembeli.

Oseng-oseng ini berisikan berbagai gajih, tulang, kulit serta cabe rawit yang membuat oseng-oseng ini pedasnya akan membuat anda sampai keringetan. Warung ini yang bertempat di daerah Ngampilan, dan telah buka mulai pukul 18.00 sampai dengan 00.00 WIB. Namun jika sedang ramai, pukul 21.00 saja oseng-oseng disana sudah habis. Jadi, buat yang mau mencicipi oseng-oseng ini maka bisa datang lebih awal. Untuk harganya pun juga cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 15.000 saja.

Angkringan Kopi Jos Lik Man

Dari sekian banyaknya angkringan yang ada di jogja, salah satu yang paling menjadi rekomendasi para wisatawan yakni adalah angkringan Lek Man. Selain sudah terkenal sejak lama, menu makanan yang bisa anda coba juga di tempat ini juga cukup banyak. Ada sego kucing, aneka sate, gorengan dan yang paling utama dan yang paling terkenal adalah kopi jos yang enak.

Angkringan ini dibuka yaitu mulai pukul 21.00 hingga pukul 02.00 WIB. Untuk harganya sendiri juga cukup murah. Anda nantinya bisa mendapatkan berbagai macam sate dan juga nasi mulai dengan harga Rp 2.500. Jika anda ingin membeli satu porsi juga bisa yakni bisa di beli dengan harga Rp 20.000, dan anda bisa mendapatkan paket komplit. Lokasi angkringan ini sendiri berada di samping Stasiun Kereta Api Yogyakarta.

Soto Bathok Mbah Katro

Soto khas Jogja yang satu ini merupakan soto unik karena penyajiannya sendiri menggunakan sebuah batok kelapa yang sudah didesain dengan sedemikian rupa. Soto daging sapi dan kuahnya yang bening dan gurih ini akan membuat para wisatawan menyukai nya. Ada berbagai macam sate dengan toping lainnya seperti sate usus, gorengan dan telur puyuh. Soto bathok Mbah Katro ini bertempat di Candi Sambisari, Kalasan, daerah Sleman. Harganya pun juga cukup murah yakni hanya Rp 5.000 per porsi.

Mie Ayam Bu Tumini

Bagi anda para pecinta mie ayam, ini adalah salah satu mie ayam terenak yang ada di Yogyakarta. Mie ayam ini berada di daerah Umbulharjo. Jam operasional dari tempat makan ini, yaitu setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Selain sangat enak, untuk harganya masih sangat murah yakni mulai dari Rp 8.000 saja. Mie ayam ini juga mempunyai bumbu yang sangat unik dan berbeda dibandingkan dengan mie ayam yang lainnya.

Lumpia Samijaya

Jajanan yang satu ini menjadi jajan yang patut anda coba saat anda berkunjung ke Jogja. Anda bisa menemukan lumpia di kawasan Malioboro No 18. Warung ini akan buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga dengan pukul 21.00 WIB. Untuk harganya sendi yaitu mulai Rp 4.000 untuk satu lumpia, murah dan juga pastinya sangat enak.

Nasi Rames Pak Dul

Selain nasi gudeg dan juga nasi pecel, di Jogja juga terdapat nasi rames yang sangat terkenal yaitu nasi rames Pak Dul yang lokasinya bertempat di Jalan Affandi No 5B, Gondokusuman. Warung ini sendiri buka setiap hari mulai dengan pukul 22.00 hingga pukul 04.00 WIB. Untuk satu porsi dari nasi rames ini yaitu hanya Rp 13.000 saja.

Soto Sampah

Jika anda sedang berada di daerah Tugu Jogja, anda harus mampir ke Pasar Kranggan untuk mencoba soto sampah yang satu ini. Selain memiliki nama yang juga unik, soto ini mempunyai sebuah cita rasa yang sangat nikmat. Biasanya warung ini akan dikunjungi oleh anak-anak muda karena rasanya yang enak dan juga karna harganya sesuai dengan kantong mahasiswa. Untuk soto Sampah ini harganya di mulai dari Rp 5.000 saja anda sudah bisa menikmati kelezatan dari soto tersebut. Warung soto ini buka mulai pukul 07.00 hingga dengan 03.00 WIB.

Jenang 13 Rasa

Jajanan tradisional kini sudah mulai sedikit ditemui, namun jika anda ke Jogja, anda masih bisa banyak menjumpai orang yang berjualan jajan tradisional yang satu ini. Salah satu jajan tradisional yang terkenal di Jogja yakni adalah Jenang 13 Rasa. Jenang ini berada di daerah Sleman, tepatnya berada di area Lapangan Pemda Sleman. Untuk harganya juga cukup murah yakni dengan Rp 8.000, anda sudah bisa mendapatkan jenang dengan lima varian. Jenang 13 Rasa ini juga buka mulai pukul 07.00 sampai habis.

Nasi Godog Pak Pathel

Kuliner Jogja yang satu ini juga patut untuk anda coba, karena merupakan inovasi yang cukup menarik di bidang kuliner. Nasi godog ini berada di daerah Bantul dan buka setiap hari mulai pukul 19.00 hingga 00.00 WIB. Untuk harga yang juga tidak terlalu menguras kantong, hanya dengan Rp 15.000 anda sudah bisa menikmati Nasi Godog yang satu ini. Dijamin sangat segar dan juga lezat!

Sego Koyor Bu Parman

Untuk anda yang bingung masalah menu makan malam, jangan khawatir! Jogja menjadi kota yang selalu punya beragam kuliner yang bisa anda santap di malam hari. Salah satunya adalah Sego Koyor, nasi yang isinya adalah urat sapi dan dilengkapi dengan tambahan kuah santan. Bisa bayangkan bagaimana segarnya, ketika sego ini disantap saat malam hari?

Untuk mendapatkan Sego Koyor ini anda harus berkunjung ke perempatan Gondomanan. Warungnya buka mulai pukul 22.00 hingga sampai dengan menjelang subuh. Anda bisa menikmati kuliner Jogja khas ini hanya dengan Rp 13.000 saja.

Demikian itulah beberapa wisata kuliner Jogja yang menarik untuk anda kunjungi. Selain makanan yang lezat kuliner yang berada di Jogja juga terkenal dengan harganya yang murah dan bersahabat di kantor mahasiswa. Jadi makanan apa yang akan anda pilih saat berkunjung ke Jogja ?