Kuliner Ini Sangat Terkenal Enak di Semarang

Jika kalian sedang berlibur ke Kota Semarang, pastikan untuk kalian tidak melewatkan kuliner yang ada disana. Kuliner Semarang yang sangat terkenal memiliki cita rasa yang sangat enak dan juga akan membuat siapa saja yang sudah mencobanya akan terus merindukan makanan yang ada di sana. Semarang menjadi salah satu kota terbesar yang ada di Jawa Tengah, yang memiliki beragam kuliner yang nikmat dan juga kuliner khas. 

Wisata kuliner Semarang, Jawa Tengah juga sudah termasuk bagian makanan yang mungkin saja tidak dapat kalian temukan dikota manapun, atau mungkin agen bola tangkas sebenarnya ada tetapi rasa yang akan dihasilkan tidak akan sama dengan yang ada di Semarangnya langsung. Nah berikut ini ada beberapa pilihan yang direkomendasikan untuk kalian kuliner di Semarang. Berikut diantaranya.

Loenpia Gang Lombok

Kuliner tradisional Semarang ini, pastinya termasuk dalam daftar teratas buat kalian yang ingin pergi meluncur ke sana. Lumpia dan Kota Semarang bagaikan bersahabat karib dan takkan terpisahkan, bahkan Semarang sering disebut dengan istilah Kota Lumpia. Loenpia Gang Lombok ini termasuk gerai tertua yang menjual lumpia di Semarang. Di tempat ini, lumpia disajikan dalam 2 jenis, yaitu lumpia basah dan lumpia goreng.

Lumpia sendiri memiliki isian yang terdiri dari rebung dan saus petis sehingga membuat rasa khas Semarang semakin melekat. Tapi, disini variasi isi semakin beragam, seperti udang dan ayam. Buat kalian yang akan membawa lumpia ini dijadikan oleh-oleh, jangan khawatir. Lumpia di sini dapat tahan selama 3 hari untuk lumpia goreng, sedangkan lumpia basah hanya bisa bertahan selama 1 hari dan semua lumpia tersebut dibuat secara alami atau tanpa bahan pengawet. Untuk menjaga cita rasa lumpia ini, masih dijaga keasliannya loh dengan dibuat secara tradisional. Jika kalian berminat ingin mengunjungi tokonya kalian bisa langsung ke alamat Loenpia Gang Lombok, jalan Gang Lombok No. 11 Purwodinatan, Semarang Tengah, dan akan selalu buka pada pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Warung Mangut Belut Hj. Nasimah

Di Warung ini, mangut diolah dalam berbagai bahan seperti belut, ikan pari dan kepala ikan manyung. Mangut merupakan salah satu kuliner khas Semarang yang berupa gulai encer yang bercita rasa sangat pedas. Warung yang sering dikenal dengan nama Warung Nasimah ini sudah ada sejak tahun 1980. Menu awal di warung ini hanya berupa daging manyung dan kepala ikan, akhirnya pelanggan menyarankan untuk membuat menu makan dengan rasa pedas dan Bu Nasimah, si pemilik warung membuat menu mangut ini.

Dengan cita rasa yang pas dengan pencampuran antara kuah bumbu mangut dengan daging belut, akhirnya mangut belut menjadi primadona dari menu lainnya. Banyak pelanggan yang mengaku ketagihan dengan kuah mangut ini loh, wah penasaran kan gimana rasanya? Kalau kalian penasaran dengan rasa yang disajikan kalian bisa langsung datang ke Jl. Menoreh Raya No.10B, Simpangan, Kec. Gajahmungkur Kota Semarang. Warung mangut Belut ini akan buka dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB buka setiap hari Senin hingga Sabtu.

Soto Bangkong

Soto Bangkong merupakan soto ayam kampung khas Semarang. Nama warung makan ini terinspirasi dari perempatan jalan tempat warung soto ini berada. Konon kabarnya, perempatan ini dulu banyak kodok sehingga banyak pelanggan yang menyebut ini Soto Bangkong (kodok dalam bahasa Jawa). Di warung soto ini, rasa soto memiliki rasa autentik dari kecap, yang hanya diproduksi oleh si pemilik warung. Selain itu, penggunaan daging ayam kampung membuat soto semakin terasa gurih dan enak.

Soto Bangkong memiliki tampilan bening, isian soto ini berupa mie soun, tauge, tomat, dan irisan daging sapi lembut nan melimpah. kalian akan merasakan cita rasa gurih dan segar yang sangat pas berpadu dengan isiannya. Awalnya warung soto ini hanya berada di Semarang, tapi kini warung ini sudah membuka cabang di daerah Jakarta. Soto Bangkong di Jakarta ini terletak di kawasan Pakubuwono dan Kelapa Gading. Kalian bisa menikmati Soto Bangkong di Jl. Brigjen Katamso No. 1 Karangampel, Kec. Semarang Selatan. Kuliner ini akan buka dari pukul 07.00 hingga 22.00 WIB.

Nasi Goreng Babat Pak Taman

Sesuai dengan namanya, nasi goreng disajikan bersamaan dengan empuknya daging babat. Nasi goreng babat disini memiliki cita rasa pedas-manis dan sensasi gurih yang ada berkat tambahan potongan kecil babat seperti usus sapi. Warung ini memiliki keunikan dari nasi goreng babat lainnya, yakni dengan menggunakan telur bebek pada campuran nasi gorengnya. Wah, menggiurkan ya.

Dari sekian banyak pecinta kuliner nasi goreng babat, terpilihnya warung nasi goreng babat ini yang masih melekat kuat di hati mereka. Kebayang dong seenak apa sih nasi goreng babatnya? Jika kalian ini penasaran dengan cita rasa yang ada pada nasi goreng babat pak taman ini kalian bisa langsung berkunjung ke Jl. Stadion Selatan, Karang Kidul, Kec. Semarang Tengah. Nasi goreng ini akan buka dari pukul 07.00 hingga 16.00 WIB.

Nasi Gandul Pak Memet

Nasi Gandul sendiri sebenarnya merupakan kuliner khas Pati, Jawa Tengah, tapi ternyata Nasi Gandul ini banyak tersedia di Semarang dan yang paling terkenal ialah Nasi Gandul Pak Memet. Olahan nasi hangat yang dinikmati dengan lauk (daging sapi dan jeroan sapi) dan kuah santan khas nya ini, disajikan dengan menggunakan daun pisang sebagai alasnya. Selain menambah harum, penggunaan daun pisang menjadi ciri khas nasi gandul ini loh.

Para pelanggan yang datang mencoba kuliner semarang ini biasanya akan menambah hingga dua sampai tiga porsi. Walaupun hanya bertempat dengan tenda sederhana, tapi pelanggan yang ke sini tak pernah sepi. Jadi, kalian harus sabar mengantri ya. Jika kalian ingin merasakan keenakan dari makanan ini kalian bisa langsung ke Jalan Dokter Cipto No.12 Bugangan, Kec. Semarang Timur. Nasi Gundul ini akan buka dari pukul 04.30 hingga pukul 21.30 WIB.

Toko Oen

Toko Oen menjual beraneka ragam mulai dari es krim hingga makanan berat. Toko Oen sendiri bermula di Kota Yogyakarta pada 1910 dan selanjutnya berkembang di Semarang pada 1935. Toko yang memiliki nuansa kental dengan zaman kolonial ini menjual menu utama berupa bistik lidah sapi dan menu indonesia, berupa nasi goreng.

Selain kalian bisa menikmati makanan berat, kalian bisa mencicipi kue kering legendaris Toko Oen ini loh yang cocok untuk dijadikan cemilan dan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Tak hanya kue, kalian bisa menikmati dinginnya es krim yang dibuat dengan menggunakan mesin dari Italia tahun 1920-an. Terkenalnya toko ini, salah satunya disebabkan oleh cita rasa yang tidak pernah berubah sejak didirikan, kebayangkan kalian bisa menikmati suasana plus rasa khas resep pertama kali toko ini dibuka. Kalian bisa menikmati cita rasa pada toko tersebut kalian bisa kunjungi di Jl. Pemuda No.52 Bangunharjo, Kec. Semarang Tengah. Toko Oen ini akan buka dari pukul 09.30 hingga 21.30 WIB.